Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inovasi Terbaik Motor Hybrid Masa Kini

 


Waktu open house  lebaran idul fitri kemarin, aku terkagum-kagum dengan salah satu motor teman yang baru. Awalnya naksir karena modenya yang aku banget, cantik nih buat cewek kaya aku. Tipenya girly banget deh. Tapi setelah bertanya-tanya, aku makin jatuh cinta dong, karena ternyata si teman itu menggunakan motor hybrid.

Jadi sebenarnya motor hybrid adalah  motor yang memiliki inovasi luar biasa yang dapat meredefinisi cara kita berpikir tentang transportasi. Motor hybrid mampu menjembatani celah antara teknologi tradisional dan masa depan yang lebih hijau, motor hybrid sendiri menggabungkan keandalan mesin pembakaran internal dengan efisiensi motor listrik. 

Ciamix banget kan? Gimana makin jatuh cinta nggak? Eits, tunggu dulu. Nggak hanya sampai disitu. Sebagai anak muda yang perduli akan isu lingkungan dan keberlanjutan, motor hybrid ini menurutku sebagai solusi terbaik yang dapat menjawab tantangan lingkungan sekaligus memenuhi kebutuhan mobilitas kita.

Kontribusi terhadap lingkungan itu bagus banget lho, dan hal sederhana yang bisa dilakukan selain berhemat energi,  mengurangi sampah yang dapat memanaskan bumi, adalah dengan memakai pake motor hybrid.

Harga Motor Hybrid

Setelah hunting kesana-sini akhirnya aku dapat bocoran mengenai motor Hybrid yang aku taksir.  Motor hybrid yang temanku pakai itu  Yamaha Fazzio seharga 20 jutaan, sementara suami lebih suka Honda PCX e:HEV yang seharga 40 jutaan, dan endingnya aku malah pengen Yamaha Grand Filano Hybrid Connected  yang harganya hanya berkisar 27 jutaan. Kadang gitu ya, apa yang kita mau dan apa yang kita beli itu agak berbeda.

“Yakin mau memakai motor Hybrid?” tanya suami waktu itu dan langsung aku iyakan dengan mantap.

Gimana nggak mantap coba motor ini seolah menjawab semua keresahanku akan kota Balikpapan yang terkenal dengan kota Minyak tapi rada sulit minyak hehehe. Ada sih tapi kalau di pom bensin harus antri panjang.

Dah lah cewek cem aku paling anti banget ngantri panas dan gerah. Nanti beli bensinnya ngecer saja di toko tetangga sebelah, toh pemakaian bensinnya nggak sebanyak kalau memakai motor yang full bensin untuk bahan bakarnya.

Motor hybrid sendiri merupakan  motor yang menggunakan lebih dari satu sumber energi untuk beroperasi. Motor hybrid ini menggunakan kombinasi dari mesin pembakaran internal, yang menggunakan bensin, dan energi listrik yang disimpan dalam baterai.

Cara kerja motor hybrid adalah terkait dengan penggunaan dua sumber daya, yaiitu mesin pembakaran internal dengan bensin, dan motor listrik yang dioperasikan oleh baterai. 

Pada kecepatan rendah, atau dalam kondisi stop-and-go misalnya seperti saat macet, motor hybrid akan menggunakan motor listriknya. Artinya motor hybrid akan bekerja tanpa emisi dan tanpa menggunakan bahan bakar.

Pada kecepatan sedang atau tinggi, misalnya di jalan raya, maka mesin bensin akan mengambil alih, sehingga tenaga yang dihasilkan akan lebih besar dan lebih efisien pada kecepatan tinggi.

Saat kita mengerem, motor hybrid akan mengambil energi yang biasanya hilang, lalu mengubahnya menjadi listrik dan disimpan dalam baterai. Proses ini disebut sebagai regenerative braking.

Baterai motor hybrid juga dapat diisi ulang lho oleh mesin pembakaran internal, yang bekerja saat kecepatan tinggi. Dengan demikian, kita tak perlu mencolokkan motor hybrid ke sumber listrik untuk mengisi ulang baterainya, seperti yang harus dilakukan pada kendaraan listrik murni.

Intinya, motor hybrid dirancang untuk memanfaatkan yang terbaik dari dua hal, yaitu efisiensi bahan bakar dan emisi rendah dari motor listrik, serta jangkauan dan tenaga dari mesin pembakaran dalam.

Keunggulan Motor Hybrid Dibandingkan Jenis Motor Lain

1.Efisiensi Bahan Bakar

Motor hybrid dirancang untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Dalam kondisi berkendara di kota dengan banyak berhenti dan melaju, motor listrik bisa bekerja sendiri tanpa membutuhkan bensin sehingga penggunaan bahan bakar bisa lebih hemat.

2. Lebih Rendah Emisi

Saat beroperasi dengan listrik, motor hybrid sama sekali tidak menghasilkan emisi lho. Sudah pasti ya motor hybrid lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan motor konvensional

3.Kinerja Motor Hybrid

Beberapa model motor hybrid dirancang untuk memberikan dorongan tenaga ekstra dari motor listrik, yang dapat meningkatkan performa akselerasi.

4.Hemat Biaya Perawatan

Mesin listrik yang merupakan komponen bergerak pada motor hybrid tidak sebanyak motor konvensional, sehingga dari segi perawatan pun sudah pasti lebih mudah dan biaya yang dikeluarkan tidak akan sebanyak ketika kita memiliki motor konvensional.

Penutup

Motor hybrid adalah terobosan teknologi yang mewakili masa depan transportasi yang lebih berkelanjutan dan efisien. Motor Hybrid memakai kombinasi antara tenaga listrik dan bahan bakar motor. Sehingga menawarkan peningkatan efisiensi bahan bakar dan pengurangan emisi tanpa mengorbankan jangkauan atau performa. 

Yuk gunakan juga Motor Hybrid sebagai langkah yang tepat dalam perjalanan menuju mobilitas lebih hijau dan lebih cerdas. Semoga dengan keberadaan motor listrik yang ramah lingkungan ini dapat digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

 

5 komentar untuk "Inovasi Terbaik Motor Hybrid Masa Kini"

  1. Motor hybrid ini beneran solusi untuk perubahan iklim di dunia ya mbak. Soalnya menggunakan energi listrik juga di samping bahan bakar bensin

    BalasHapus
  2. Dapat mengurangi polusi udara ya dengan menggunakan inovasi motor hybrid ini

    BalasHapus
  3. keren nih motornya, inovasi terbaru ini... cocok untuk yang aktif mobilitas

    BalasHapus
  4. Motor hybrid ini minim biaya perawatan dan ramah lingkungan ya ternyata , jadi tertarik buat beli motor hybrid

    BalasHapus
  5. Kan keren banget ternyata motor hybrid ini. Inovasi terbaik masa kini

    BalasHapus